Model rumah minimalis type 36

4 Model Rumah Minimalis Type 36 Terbaru dan Biaya Pembuatan

Posted on

Model rumah minimalis type 36 – Rumah adalah tempat untuk mengenal pulang, tempat berteduh, dan berkumpul bersama dengan keluarga tercinta. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang terutama bagi yang sudah berkeluarga. Untuk tipe rumah yang dipasarkan biasanya diberi nama sesuai dengan ukuran luas tanah dan juga bangunan rumah. Namun ada juga developer yang memberikan nama rumah dengan nama-nama lainnya seperti benda, bunga, nama planet, dan nama lainnya yang menarik dan sesuai dengan trik pemasaran. Saat ini rumah dengan lantai satu sederhana banyak diminati karena minimalis dan mudah untuk didesain sedemikian rupa.  Rumah lantai satu yang tergolong sebagai rumah sederhana tipenya 36, 45, dan 60.

Pengertian Rumah Minimalis Type 36

Sebelum Anda mengetahui desain dan model rumah minimalis type 36 ini ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian dari rumah minimalis tipe ini. Rumah minimalis tipe 36 memiliki luas bangunan 36 meter persegi sehingga rumah ini memiliki panjang dan lebar masing-masing 6 meter persegi. Biasanya di dalam rumah type 36 ini akan ada 2 kamar tidur dan juga 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan juga 1 kamar mandi. Rumah ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki anak tapi tidak menginginkan rumah yang tidak terlalu besar.

Kekurangan dari rumah minimalis ini adalah ruang yang terbatas sehingga Anda harus pandai dalam memilih dan menata ruangannya. Jika salah dalam menata ruang dan menambahkan barang di dalamnya akan menyebabkan rumah terlihat sumpek dan berantakan. Tidak hanya itu saja rumah minimalis type ini juga harus pandai dalam memilih desain jika desainnya salah rumah akan terlihat kurang elegan dan tidak menarik.

Rumah Minimalis Type 36

Ada berbagai macam model rumah type 36 yang bisa Anda pilih. Model ini bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin membangun rumah minimalis, simak model rumah minimalis type 36 yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan berikut ini:

  1. Rumah minimalis atap miring

Untuk menampilkan kesan unik dan juga elegan ini penting bagi Anda untuk memilih desain model rumah minimalis type 36 yang unik. Untuk rumah minimalis type 36 ini Anda bisa mendesain atap rumah miring sehingga air hujan akan sukses turun ke halaman rumah. Rumah ini hanya satu sisi saja atapnya yang dibuat miring sehingga pada bagian atas bisa dijadikan sebagai ruangan yang lebih fungsional misalnya tempat nonton TV, perpustakaan dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan variasi pada bagian dinding supaya terlihat lebih artistik.

  • Minimalis modern

Meski ruangannya terbatas, Anda akan tetap bisa membuat rumah minimalis yang elegan dan menampilkan kesan yang berbeda dengan memilih desain atau model rumah minimalis type 36 yang tepat, salah satunya dengan rumah minimalis modern. Rumah minimalis ini tidak memiliki atap atau genting dan dipenuhi dengan kaca yang transparan. Bentuknya pun unik yaitu kotak tanpa atap. Dengan keberadaan kaca ini membuat ruangan di dalam rumah terlihat dengan jelas. 

Untuk membuat rumah ini terlihat lebih menarik dan elegan adalah hindari penggunaan terlalu banyak aksen atau variasi di bagian rumah karena akan membuat rumah terlihat meriah. Selain itu memilih cat rumah harus yang netral atau warna pastel agar tidak terlalu mencolok.  Kekurangan dari desain ini adalah jika terjadi hujan drainase dari rumah ini akan sulit karena air hujan tidak akan pernah bisa turun ke bawah kecuali jika Anda membuat saluran air di bagian atas untuk mengalirkan air hujan ke bawah.

Model rumah minimalis type 36 modern
  • Ala Eropa

Siapa yang tidak suka dengan rumah bergaya Eropa? Tentu semua orang akan menyukainya hal itu dikarenakan rumah bergaya Eropa tidak hanya terkenal unik namun elegan dan juga mewah. Untuk bergaya Eropa Anda bisa membangun rumah minimalis dengan dua lantai karena akan terlihat lebih elegan. Ciri khasnya adalah rumah ini bisa dilengkapi dengan pintu dan juga jendela yang besar. Warna cat yang sering digunakan oleh rumah minimalis dengan gaya Eropa adalah keemasan atau gold, cokelat, atau warna pastel. Anda juga bisa menambahkan balkon pada lantai atas agar rumah terlihat lebih menarik.

Model rumah minimalis type 36 ala eropa
  • Gothic

Gothic tidak hanya untuk gaya atau style make up dan berpakaian saja, namun juga bisa diaplikasikan ke dalam model rumah minimalis type 36 ini. Pada type ini Anda harus pandai dalam memadukan cat atau warna untuk rumah Anda karena salah dalam memadukan warna akan membuat rumah terlihat aneh. Seperti dengan namanya Anda bisa memberikan warna hitam pada luar bangunan, selain itu Anda juga bisa memadukannya dengan warna kuning dan putih. Agar tidak terlihat monoton Anda bisa memberikan aksen garis horizontal pada bagian dindingnya agar lebih menarik.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 36

Setelah Anda tahu model-model rumah minimalis, penting bagi Anda untuk tahu estimasi biaya pembangunan rumah minimalis tersebut tujuannya agar pembangunan rumah lancar dan bisa segera digunakan. Untuk mengetahui biaya pasti Anda harus tahu bagaimana cara menghitung biaya bangun rumah type 36 ini. Pertama Anda harus menghitung berapa biaya tukangnya. Semakin sulit desainnya, maka semakin banyak jasa tukang yang Anda butuhkan.  Untuk pembangunan rumah minimalis ini Anda membutuhkan tukang gali, tukang kayu, tukang batu, tukang besi beton, tukang cat atau pelitur, tukang besi profil, tukang ledeng, asisten tukang, dan lain sebagainya. Agar cepat selesai Anda harus menggunakan jasa mandor dengan sistem borongan, dengan begini biaya yang Anda keluarkan tidak membengkak.

Kedua perkirakan luas tanahnya. Jika Anda membangun di tanah peninggalan keluarga Anda tidak akan membayar untuk hal tersebut berbeda jika Anda harus membelinya terlebih dahulu. Misalnya harga per 1 m2 dihargai 2,5 juta rupiah, maka untuk 36 m2 Anda harus merogoh kocek Rp2.500.000  x 36 = Rp90.000.000. Berbeda jika Anda ingin membangun rumah minimalis tipe 36  di lahan tanah seluas 75 m2 maka dana yang Anda butuhkan sebesar  Rp187.500.000.

Ketiga hitung bahan bangunannya. Untuk bangunan rumah minimalis satu lantai dengan 4 kamar tidur tentu biayanya berbeda dengan yang dua lantai karena bahan bangunan dan proses pembuatannya jauh lebih lama. Untuk rumah minimalis type 36 ini Anda membutuhkan dinding, fondasi, genting rumah, atap, kusen, cat rumah, dan lain sebagainya. Untuk perkiraan dalam 1 m2 bahan bangunan yang dibutuhkan kurang lebih Rp3.000.000, sedangkan untuk yang lantai dua bahan bangunan yang diperlukan mencapai Rp3.800.000 per meternya sehingga untuk bangunan satu lantai seluas 36m2 biayanya Rp3.000.000 x 36 = Rp108.000.000. Agar bisa menghemat anggaran penting bagi Anda yang akan melakukan pembelian bahan material untuk membuat rencana anggaran agar tidak membengkak dan membeli bahan-bahan yang tidak penting dan justru tidak dibutuhkan.

Memiliki rumah minimalis dengan hasil desain sendiri memang akan lebih membanggakan dibandingkan dengan membeli rumah langsung jadi. Semoga beberapa model rumah minimalis type 36 dan perkiraan biaya yang telah disebutkan di atas bermanfaat terutama bagi Anda yang berencana membangun rumah dalam akhir dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *